Windows Live Writer 2011 Buat Ngeblog

Hai para blogger, sudahkah kamu menggunakan aplikasi Windows Live Writer 2011 dalam membuat postingan di blog? Kalau belum, gunakanlah aplikasi ini. Selain memudahkan para blogger menulis karena tampilannya mirip MS Word 2007, fitur-fitur yang ditawarkannya juga menarik. 
Lebih jelasnya, berikut review aplikasi Windows Live Writer 2011 yang saya kutip dari www.dvbzero.blogspot.com.
 

Windows Live Writer 2011



  • Dengan aplikasi ini kita dapat menulis blog secara WYSIWYG (What You See Is What You Get). Ada tiga tab penting yaitu Edit (melihat tulisan seperti melihat pada blog), Preview (melihat halaman depan blog), Source (melihat kode HTML dari tulisan). Seperti apa pun format yang kita tulis akan sama dengan yang ditampilkan pada blog.
  • Untuk menampilkan foto atau video pada blog kita dapat meng-upload atau mengambil dari situs lain. Windows Live Writer 2011 mendukung penempatan foto dengan upload atau lewat link situs. Kita juga dapat menampilkan peta pada tulisan dengan bantuan Windows Live Local.
  • Windows Live Writer 2011 mendukung banyak blog service seperti Wordpress, SharePoint, Windows Live Spaces, TypePad, dan Blogger. Dan kita dapat mengatur lebih dari satu akun blog. Saat publish kita tinggal memilih akan di-publish ke akun yang mana tulisan kita.

  • Format-format umum seperti ukuran font, warna font, paragraf, penomoran, dan sebagainya juga didukung seperti layaknya menulis dengan Wordpad atau MS Word. Begitu juga fasilitas spelling, find, word count, table, emoticon juga telah disediakan.
  • Tidak lupa dalam sebuah blog diperlukan kategori tulisan untuk memudahkan penggolongan. Tinggal tuliskan kategori pada bagian ‘Set categories’ atau memilih kategori yang telah ada pada blog.
  • Ini kelebihan yang paling saya sukai dari Windows Live Writer 2011. Kita dapat menyimpan tulisan dalam bentuk draft. Bedanya draft ini disimpan pada komputer, bukan pada server. Sangat berguna saat kita sedang tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Tidak perlu susah-susah mengatur ulang format tulisan saat akan di-publish. Tinggal membuka draft dan post draft to blog. Kita juga bisa mengedit tulisan-tulisan yang sudah ada.
Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ini dapat men-download lewat situs resminya secara gratis. Paket instalasi adalah Windows Live Essentials 2011 yang meliputi Messenger, Photo Gallery, Movie Maker, Mail, Writer, Family Safety, Messenger Companion, Microsoft Silverlight, dan Outlook Connector Pack. (dvbzero komputer & teknologi informasi)
Saya sungguh penasaran dengan aplikasi ini dan ingin sekali menggunakannya. Sayang, windows saya gak mendukung (Windows XP). Aplikasi ini hanya dapat didukung oleh Windows 7 atau Windows Vista versi 32 atau 64 bit. Dan, sebenarnya masih banyak lagi persyaratan lainnya. Kamu bisa cek sendiri apa saja itu syarat-syaratnya.

Buat saya sendiri, syarat yang begitu banyak untuk mengaplikasikan Windows Live Writer 2011 ini, sudah merupakan "kekurangan". Sebab, artinya, aplikasi ini belum ringkas, belum praktis dan mudah digunakan. Jadi, saya lebih baik tunggu saja deh, siapa tahu, teknologi ke depan makin meringkaskan aplikasi ini, atau windows membuat aplikasi untuk menulis blog dengan lebih sederhana namun tetap menarik.

Tapi, buat kamu yang sepakat dengan syarat-syarat itu, coba aja deh, aplikasi ini. Kayaknya seru. Selamat mencoba... Selamat menulis-nulis ria... :)
 

4 comments:

Alun Aileron mengatakan...

Kalo untuk Windows XP bisanya pake Live Writer 2009. Tampilannya mirip Office 2003. Agak enteng tapi ada sedikit bug saat pemberian tags.

Nona Devi mengatakan...

oh, gt ya. baiklah, akan sy coba :) thanks.

Nona Devi mengatakan...

oh, gt ya. baiklah, akan sy coba :) thanks.

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.