Bermain di Amanita Design

Ada Samorost (1 & 2), Questionaut, Botanicula, Machinarium. Kamu tinggal pilih, mau yang mana. Setelah itu, arahkan pointer kamu (point) lalu click dan selamat bermain... :)

Saatnya Bermain
Semua yang saya sebutkan di atas adalah beberapa judul games besutan Amanita Design, sebuah game developer bermarkas di Republik Ceko yang didirikan pada tahun 2003 oleh Jakub Dvorsky. Selain yang saya sebutkan tadi, masih ada judul game lainnya. Ada Rocketman, Osada, dan The Quest for The Rest. Hampir semua games di sini meraih penghargaan.

Games di Amanita Design
Menariknya dari games produk Amanita Design ini adalah animasinya yang menakjubkan. Gambar-gambar mereka unik, hidup, artistik, sama sekali enggak terpikirkan oleh kita yang memainkannya. Gila, dari mana sih para pembuatnya nemu ide macam begini? Sooooo awesome! Selain itu, alur ceritanya pun ajaib, ditambah pula tantangan-tantangan dalam game-nya yang enggak biasa dan bisa dibilang out of the box. Sulit sekali ditebak, bagaimana cara kita memecahkan teka-teki yang disuguhkan dalam game-game tersebut. Jadi, kita sebagai pemain harus sangat sabar, teliti, dan tidak terburu-buru. Permainan mereka membutuhkan pemikiran, loh. Rasionalitas dan kreativitas berpikir kita ditantang banget di sini!

Dari beberapa game produk Amanita Design ini, saya sudah berhasil menamatkan tiga macam: Samorost 1Samorost 2, dan Questionaut. Untuk yang terakhir, sambil bermain, kita bisa sambil belajar. Saya sekarang masih sedang memainkan Botanicula, produk teranyar mereka.

Saya tidak memainkan game-game ini secara online. Ney men-download-nya dan saya tinggal main secara offline. Beberapa game tidak bisa dimainkan di website-nya, hanya play demo dan untuk full version, kita harus beli. Tapi... berkat Ney, saya bahkan sudah punya Botanicula full version. Yippiee! (Dasar, tukang nge-crack!) Di Botanicula full version ini, kita dikasih bonus album soundtrack-nya (musik mereka unik-unik), gambar-gambar karakter atau scene (wallpappercard) yang sangat lucu plus artistik, juga game Machinarium dan Samorost 2. 





Point and Click Games
Point and click games adalah istilah dalam permainan komputer yang cara memainkannya adalah dengan menggerakkan pointer ke lokasi tertentu di layar (point) lalu menekan tombol mouse sebelah kiri (click) dan permainan pun bergulir. Point and click games gampang-gampang susah. Gampangnya, kita tinggal cari saja pointer-nya (inilah petunjuk kita) lalu klik. Susahnya, cari pointer itu pun enggak gampang, apalagi untuk games-games dari Amanita Design. Semua petunjuk itu tetap harus disesuaikan dengan alur permainannya yang rumit dan tak terduga. Ribet, deh. Kadang kita harus ke lokasi A dahulu untuk bisa ke lokasi B dan harus balik lagi ke lokasi A untuk bisa mencapai lokasi C, dan seterusnya. Pusing kalau diceritakan. Mainkan saja! ;)

Point and click games biasanya banyak ditemukan pada flash game yang lebih ringan dan sederhana konsepnya. Tapi kini point and click games sudah banyak dijumpai dan memiliki ragam kerumitan, tergantung skenario ceritanya. Secara metode sih, jenis permainan semacam ini mudah, praktis kita hanya membutuhkan satu tangan untuk memegang sebuah mouse. Tapi, pada aplikasinya enggak segampang itu. Kita tetap harus berpikir.

Siapa yang tertarik dengan permainan ini? Siapa yang suka Amanita Design? Ayo.. buruan kunjungi web-nya, mainkan game-nya. Seru, loh!

Selamat bermain... :)


0 comments: