Membeli Ikan Hamil

Suatu hari Yayah mengajak Michelle ke tempat penjual akuarium dan ikan-ikan hias. Yayah membeli beberapa ekor ikan hias kecil untuk dibawa pulang. Yayah juga membeli seekor anak kura-kura yang manis. Rencananya, hewan-hewan imut ini akan dijadikan Yayah sebagai teman bermain air Michelle di kolam karet Winnie The Pooh-nya yang baru.

Yayah dan Michelle pulang. Mamar menyambut keduanya dengan girang. Yayah langsung memindahkan ikan-ikan hias itu dan anak kura-kura ke dalam baskom besar. Kata Mamar, “Yah, kasihan banget mereka. Kita, kan, belum punya akuarium.”

Yayah mengisi baskom besar itu dengan air PAM. Seharusnya itu tidak boleh. Beberapa ekor ikan tak lama terlihat sudah lemah gerakannya. Yayah juga sempat menunjukkan pada Mamar kalau ada ikan yang sedang hamil. Tak lama, ikan yang sedang hamil itu pun melahirkan. Anaknya kecil-kecil dan banyak sekali. Yayah dan Mamar tak sempat menghitungnya. Michelle yang tidak sabar dan maunya memain-mainkan ikan saja, membuat Yayah susah dan kerepotan memindahkan anak-anak ikan itu ke dalam akuarium mini plastik. Akhirnya, Mamar yang memindahkan mereka. Sementara, Yayah menyiapkan kolam karet Winnie The Pooh Michelle untuk diisi dengan air. Michelle akan bermain air di sana bersama ikan-ikan kecilnya dan seekor anak kura-kura.

Bukan main semangatnya Michelle berusaha menangkap ikan-ikan kecil itu. Walhasil, ikan yang sudah lemah menjadi semakin lemah. Ikan yang tadinya masih gesit bahkan menjadi lemah. Sesekali Michelle berhasil menangkap seekor ikan kecil, tapi Yayah dan Mamar meneriakinya, “Lepas, Michelle, kasihan!” Permainan itu pun hanya berlangsung beberapa menit saja. Yayah dan Mamar tidak tega, apalagi Yayah. Ia merasa bersalah karena telah membuat ikan-ikan kecil itu lemah, bahkan mati. Yayah merasa menyesal sekali.

Michelle juga bermain-main dengan anak kura-kura itu. Diambilnya si anak kura-kura, kemudian dilemparnya. “Oh, tidak, Michelle!”

Permainan benar-benar selesai. Michelle diangkat dari kolamnya, dimandikan dengan air hangat, dan usailah acara bermain air bersama ikan-ikan kecil dan anak kura-kura. Tampaknya, ini akan menjadi yang pertama sekaligus terakhir. Tidak akan ada lagi hewan-hewan tak berdosa yang menjadi korban permainan Michelle.


Esoknya, Yayah menemukan baskom besar berisi ikan hias kecil dan anak kura-kura itu terbalik bentuknya, diterjang kucing liar yang lapar. Ikan-ikan kecil itu entah ke mana. Anak kura-kura pun hilang tak berbekas jejaknya. Kasihan, sungguh, hewan-hewan yang malang. Namun, syukurlah, anak-anak ikan yang sempat dilahirkan kemarin itu masih hidup sampai sekarang. Mereka tampak berenang-renang asyik di akuarium mini plastik. Sampai Yayah membeli akuarium baru sungguhan, mereka semua baru akan dipindahkan. Sabar, ya, anak-anak ikan…
#ceritatentangMichelle

Anak-anak ikan di akuarium mini plastik.

0 comments: