Bermain-main dengan PowerPoint

Siapa bilang PowerPoint dari Microsoft Corporation itu cuma buat bikin presentasi? PowerPoint adalah salah satu "anak" Microsoft Office yang "multitalenta", loh. Masih banyak yang belum tahu memang, kalau PowerPoint punya banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk membuat (video) animasi.

Beberapa karya seniman PowerPoint bisa kamu lihat di situs PowerPoint Heaven. Di sini bertaburan video-video animasi yang dibuat bukan dengan software pembuat animasi macam-macam, melainkan cukup dengan satu yang sederhana saja, yaitu PowerPoint. 

Dengan tools "standar" yang tersedia di PowerPoint, coba kamu bayangkan, bagaimana semua ini bisa terjadi?



Atau, bagaimana dengan yang ini:



Seru, kan? Suatu hari saya pernah diperlihatkan Ney satu hasil karya PowerPoint yang keren banget. Tapi, selain dalam bentuk videonya, saya diperlihatkan pula dengan bentuk aslinya dalam format PowerPoint Presentation. Dan, kamu bisa bayangkan apa yang saya lihat? Garis-garis berseliweran di sana-sini, titik-titik bertaburan, gambar bertumpukan, sederet setting pergerakan, waktu, dsb. membentuk sebuah tampilan yang acak-acakan banget! Sungguh, melihat "belakang layar"-nya PowerPoint, bikin kita tidak akan menyangka kalau hasilnya bisa sangat mempesona.

Saya kenal kreasi-kreasi PowerPoint dari Ney, karena kebetulan, Ney juga senang melakukannya. Untuk Ney, alasannya jelas, karena dia belum memahami software pembuat animasi yang canggih-canggih. Dia "hanya" punya PowerPoint, tapi begitu dieksplorasi, ternyata yang tampaknya biasa ini, bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Ditambah, sekarang ada Microsoft Office 2013 yang PowerPoint-nya menyediakan pilihan penyimpanan file dalam bentuk video dengan format MPEG-4 Video dan Windows Media Video. Belum lagi, template PowerPoint kini keren-keren dan banyak pilihannya.

Salah satu kreasi video animasi (-animasian) dari PowerPoint yang berhasil Ney bikin adalah kado video ulang tahun buat saya. Selain itu juga ada beberapa untuk keperluan lesson musik-nya dan komunitasnya. Salah satunya adalah ini:




Saya jadi pengen belajar buat video dari PowerPoint. Tapi, sepertinya butuh waktu khusus yang cukup intens untuk mempelajarinya. Nantilah kalau ada waktu luang lebih banyak.

Jadi, setelah ini, apakah kamu berminat juga untuk menjadi salah satu seniman PowerPoint Heaven itu? 


3 comments:

Diyah Iput mengatakan...

ish itu pake powerpoint dev ? aih kewreenn benerrrr yakss....

Diyah Iput mengatakan...

deviii, itu beneran pake powerpoint ?? kewreen banget .... gmana ituh caranyaaa

Nona Devi mengatakan...

ember.. itu pake powerpoint. keren kan? gw aje kaga nyangke. ada tutorialnya kayanya di powerpoint heaven itu. ribet dah, mbak, gw liat yg laki gw bikin aja, walo cuma sederhana gitu, liat setting pembuatannya rumit abis. apalagi itu yang bener2 jadi animasi beneran! tapi kalo dipelajari sih bisa, mbak. secara powerpoint itu kan sebenarnya mudah, secara toolsnya juga, ga serumit software2 lain. ya asal, mau tekun belajarnya itu. haha...