Cinema Paradiso, antara Film dan Soundtrack

Ternyata, Cinema Paradiso itu judul film. Selama ini, saya kenal Cinema Paradiso sebagai sebuah instrumen yang ternyata dia adalah soundtrack-nya si film tersebut. Saat pertama kali mendengarnya, saya langsung jatuh cinta. Dan pas tahu ada filmnya, saya jadi pengen nonton. :D

Lagu Cinema Paradiso yang sering saya dengar itu manis sekali. Enak juga buat healing mind, menyamankan. Komposisinya dimainkan oleh beberapa musisi kelas dunia dengan aransemen yang berbeda-beda. Lagu ini jadi legendaris tampaknya. Tapi, sebelum saya mengulas lebih jauh mengenai soundtrack ini, saya mau berbagi sedikit tentang filmnya yang belum saya tonton juga. Kali aja setelah ini, ada pembaca yang mau cari film tersebut seperti saya.. :P

Cinema Paradiso yang Italiano
Cinema Paradiso
Film ini punya judul asli Italia Nuovo Cinema Paradiso yang dirilis di negara asalnya, Italia, pada tahun 1988. Tertulis di halaman wiki sana, it's italian romantic drama. Sepertinya begitu setelah saya tonton unduhan trailer-nya.

Film ini bercerita tentang kepulangan Salvatore, sutradara Italia terkenal pada tahun 80-an, ke kampung halamannya yang sudah 30 tahun ditinggalkannya. Kepulangan Salvatore ini dalam rangka kematian Alfredo, "sang guru" yang mengajarkannya tentang film untuk pertama kali. Namun, kepulangannya ini membawa Salvatore kepada berbagai kenangan dan teka-teki kehidupan yang baru disadarinya kemudian.

Cinema Paradiso adalah nama sebuah moviehouse pada masa Perang Dunia II di Roma, Italia. Di sanalah Salvatore kecil yang dijuluki Toto belajar tentang proyektor film. Alfredo yang mengajarkannya hingga singkat cerita, Cinemo Paradiso ludes terbakar dan Alfredo yang berhasil diselamatkan oleh Toto dalam peristiwa tersebut, mengalami buta.

Film lama ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan. Salah satunya adalah festival film internasional yang sangat terkenal, Cannes Film Festival pada tahun 1989. Pada tahun 2002, film ini dirilis kembali dengan perubahan dari sutradaranya. Ia kemudian dikenal dengan judul Cinema Paradiso: The New Version.


Dan... saya jadi ingin nonton film ini! Kayanya bener-bener romantis dan manis banget. Hmmm...

Cinema Paradiso yang Melegenda 
Musik Cinema Paradiso dibuat oleh Ennio Morricone dan anaknya, Andrea Morricone. Semuanya ada 17 lagu, tapi yang terkenal sepertinya adalah yang berjudul Cinema Paradiso itu. Maestro musik, seperti Steve Erquiaga, Dave Koz, dan Pat Metheny memainkan komposisinya dengan aransemen masing-masing yang bikin lagu ini jadi muncul dengan berbagai warna dan variasi. 

Lagu Cinema Paradiso yang pertama kali saya dengar adalah gubahan Steve Erquiaga dengan petikan gitarnya yang classical banget. Saat pertama kali mendengarnya, saya langsung suka, selain juga beberapa lagu dia dalam album Cafe Paradiso-nya.

Versi kedua saya dengar dari gubahannya Dave Koz, sang saxophonist Amerika. Di tangan dia, lagu ini cantik.. banget dan sangat berkelas. Asyik buat teman dinner atau nikmatin malam dari atas gedung (terbukti, lagu ini bikin imajinasi jadi liar. he..). It's very very classy!  

Lagu Cinema Paradiso versi lainnya yang baru beberapa hari ini saya dengar dan langsung menyita perhatian saya hingga dibuatnyalah tulisan ini, adalah yang digubah oleh Pat Metheny featuring pemain contrabass (double bass) Charlie Haden. Kalau versi ini, Cinema Paradiso-nya jadi jazzy banget. Tapi, tetap bagus karena pada dasarnya, komposisi lagu ini udah manis banget. Jadi, mau diapakan saja, Cinema Paradiso tetap lembut nuansanya dan very very sweet.


Adapun Cinema Paradiso versi asli dari filmnya yang gubahan Ennio Morricone itu, nadanya lebih terasa "pedih". Menyayat-nyayat gitu nuansanya. Mungkin ini berkaitan dengan alur ceritanya yang sedang beradegan tragis, kali ya. Di sana ada piano dan biola sehingga tema orkestranya kuat banget. Baru saat menuliskan ini saya search lagu aslinya dan ternyata saya lebih suka dengan yang sudah diaransemen ulang. He.

Di bawah ini adalah link menuju lagu-lagu tersebut. Siapa tahu kamu ingin tahu dan mendengarnya dan bisa turut menikmatinya pula. 

Selain ini, mungkin masih banyak musisi lainnya yang menggubah lagu Cinema Paradiso hingga tercipta bentuk-bentuk beragam yang cantik. Salah satunya ada Chris Botti dan mungkin masih ada lagi.
*

Film Cinema Paradiso berhasil tampaknya. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya adaptasi yang dilakukan para musisi modern terhadap theme song film tersebut. Lagu Cinema Paradiso menjadi sebuah legenda tersendiri di samping filmnya yang banyak meraih penghargaan. Komposisinya diminati hingga sekarang dan mungkin selanjutnya akan bermunculan versi-versi lainnya dari Cinema Paradiso yang legendaris. 

Setelah ini, saya mungkin akan berburu filmnya, siapa tahu kamu juga setelah membaca tulisan saya ini. Bisa menjadi referensi juga buat akhir pekan, dengan mendengarkan lagunya dari berbagai versi dan menikmati nadanya yang manis serta menyamankan. Kalau saya sendiri, hmm... lagi suka-sukanya sama yang versi Pat Metheny & Charlie, nadanya di tangan mereka jadi terdengar segar dan riang. Mungkin karena tambahan double bass itu. Meskipun demikian, tidak bisa ditentukan mana yang lebih bagus daripada yang mana. Semua berada pada track-nya masing-masing. Jadi, tergantung selera. Kalau kamu suka yang mana?

Well, selamat menikmati... :)


*Thanks to Ney for awesome songs list! Love you.


0 comments: